Laporan Kegiatan Ketiga

Bertumbuh dan Belajar Bersama RPTRA Kalijodo

 

Kelas   :           LA33

Dosen  :           Dra. Agnes Sri Purbasari M.Si
Waktu :           Jumat, 28 – 4 – 2017
Pukul   :           09:00 – 11:00
Lokasi :           RPTRA Kalijodo

Tim yang Hadir :
Ketua  :  Edward
Anggota :
1. Michael
2. Aditya
3. Jacky
4. Alvin

Tim yang tidak hadir :  (Semua Hadir)

Sebagai warga negara Indonesia, ada sebuah hak yang kita dapat dan kewajiban yang harus kita jalani. Warga negara Indonesia adalah orang Indonesia asli atau orang – orang bangsa lain yang disahkan sebagai warga negara Indonesia oleh undang – undang. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia tanpa memandang suku, agama, ras, maupun antargolongan memiliki hak yang sama. Termasuk hak – hak yang terdapat pada undang – undang Pasal 28 B ayat 2, dan Pasal 28 C ayat 1 yang berisi tentang hak untuk mengembangkan diri. Salah satu tempat untuk melakukan pengembangan diri adalah RPTRA.

Persiapan yang kami lakukan untuk melakukan kerja sosial di RPTRA Kalijodo adalah kami mempersiapkan segala perlengkapan, seperti almamater, kartu mahasiswa, dan topi, karena kondisi di RPTRA Kalijodo sangatlah panas, hal tersebut kami ketahui setelah melakukan survey lokasi. Setelah kami sampai ke lokasi, kami langsung menjumpai koordinator RPTRA untuk menyatakan kehadiran kami. Lalu kami langsung membagi tugas.

Tugasnya sama seperti pertemuan sebelumnya, yaitu mengawasi anak – anak. Kondisi RPTRA sedang agak sepi, karena hari itu hari jumat. Walaupun sepi, masih ada beberapa anak – anak yang mungkin belum sekolah. Kami mendapat tugas tambahan untuk memasang dua buah tablet merk samsung di perpustakaannya.

Di perpustakaan, terdapat sebuah meja kecil yang dilengkapi alat untuk menaruh handphone, hanya saja jika handphonenya di ambil paksa maka alarm akan berbunyi. Setelah kami memasangnya, kami mencoba apakah alarmnya berfungsi, setelah kami cabut, tiba – tiba alarmnya berbunyi yang artinya, alat itu bekerja dengan baik.

Sayangnya masalah datang setelah itu, kami tidak tahu bagaimana cara mematikan alarmnya, akhirnya kami mengambil remote untuk mematikan alarmnya ke koordinator lapangan RPTRA Kalijodo. Saat remote tersebut kami gunakan, alarm masih tetap berbunyi, dan kami terus berusaha mematikan dan memperbaikinya. Pada akhirnya alarm bisa dimatikan akan tetapi karena kabeli yang kendor jika tablet yang tercolok di alat itu tersenggol sedikit maka alarm langsung berbunyi, kami pun melaporkan hal tersebut ke pengurus RPTRA.

Hasil Kegiatan:

Hasil dari Kegiatan kami adalah berupa laporan tentang kerusakan yang terjadi pada alarm keamanan untuk pengaman tablet atau handphone.

Kesimpulan:

Ada beberapa alat yang walaupun kelihatannya bagus, tetapi memiliki kerusakan, walaupun kerusakannya sangat sedikit dan kecil.

Next to Do:

Menegur anak – anak yang tidak menaati aturan, dan mengurus perpustakaan di pertemuan selanjutnya, serta mengerjakan jobdesk yang disediakan

Jumlah Peserta :  +/- 10 pengunjung, +/- 5 anak yang ada di perpustakaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *