Laporan Kegiatan Pertama

Bertumbuh dan Belajar Bersama RPTRA Kalijodo

Kelas   :           LA33

Dosen  :           Dra. Agnes Sri Purbasari M.Si
Waktu :           Kamis, 30 – 3 – 2017
Pukul   :           09:00 – 11:00
Lokasi :           RPTRA Kalijodo

Tim yang Hadir :
Ketua  :  Edward
Anggota :
1. Michael
2. Aditya
3. Jacky
4. Alvin

Tim yang tidak hadir :  (Semua Hadir)

Sebagai warga negara Indonesia, ada sebuah hak yang kita dapat dan kewajiban yang harus kita jalani. Warga negara Indonesia adalah orang Indonesia asli atau orang – orang bangsa lain yang disahkan sebagai warga negara Indonesia oleh undang – undang. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia tanpa memandang suku, agama, ras, maupun antargolongan memiliki hak yang sama. Termasuk hak – hak yang terdapat pada undang – undang Pasal 28 B ayat 2, dan Pasal 28 C ayat 1 yang berisi tentang hak untuk mengembangkan diri. Salah satu tempat untuk melakukan pengembangan diri adalah RPTRA.

Persiapan yang kami lakukan untuk melakukan kerja sosial di RPTRA Kalijodo adalah kami mempersiapkan segala perlengkapan, seperti almamater, kartu mahasiswa, dan topi, karena kondisi di RPTRA Kalijodo sangatlah panas, hal tersebut kami ketahui setelah melakukan survey lokasi. Setelah kami sampai ke lokasi, kami mulai bertanya kepada coordinator lapangan yang ada di RPTRA Kalijodo tentang hal – hal yang dapat kami lakukan di sana.

Awalnya kami diminta untuk mengawasi anak – anak. Tempat permainan anak tidak memperkenankan anak untuk makan dan minum, serta menggunakan alas kaki, karena tempat permainan tersebut beralaskan karpet sehingga akan menimbulkan banyak kotoran jika ada yang makan, dan minum serta menggunakan alas kaki. Akan tetapi sangatlah sulit untuk melakukan hal tersebut, karena kondisi yang sangat panas dan tempat permainan tidak ada terpal, hal tersebut membuat kaki anak – anak akan kepanasan. Sehingga cukup sulit untuk menegur dan meminta untuk melepaskan alas kaki.

Selanjutnya kami melakukan kegiatan lain yaitu, menyapu tempat kegiatan anak, karena sebelum kami datang, anak – anak sudah ada yang makan dan minum di tempat permainan sehingga menyebabkan tempat permainan sangat kotor. Menyapu tempat tersebut sangatlah sulit, karena tempat tersebut beralaskan karpet bukan lantai, sehingga dibutuhkan kerja ekstra untuk membuat tempat permainan bersih.

 

Hasil Kegiatan:

Hasil dari Kegiatan kami adalah, tempat permainan anak yang lebih bersih, dan meringankan beban kerja coordinator RPTRA Kalijodo untuk mengatur anak – anak. Selain itu juga perpustakaan yang lebih tertata, dan lebih rapi.

Kesimpulan:

Walaupun sudah ada aturan tertulis perihal menggunakan alas kaki, dan larangan membawa makanan dan minuman, masih ada anak yang tidak menuruti aturan. Kegiatan yang kami lakukan berdampak cukup baik, karena dapat meringankan beban coordinator dan pengurus RPTRA dalam mengingatkan anak – anak soal aturan tersebut.

Next to Do:

Terus menegur anak – anak yang tidak menaati aturan, dan mengurus perpustakaan di pertemuan selanjutnya

Jumlah Peserta :  8 – 10  orang anak

                

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *